Lirik Lagu Panon Hideung dan Terjemahannya (Serta Sejarahnya)

Lirik Lagu Panon Hideung  dan Terjemahannya (Serta Sejarahnya)
Lirik lagu Panon Hideung - Ismail Marzuki merupakan sebuah lagu Daerah Sunda. Lirik, arti dan info lengkap lagu Panon Hideung baca disini.

Lirik Lagu Panon Hideung dan Artinya


Judul lagu : Panon Hideung
Pencipta : Ismail Marzuki
Kategori : Lagu Daerah Sunda

Lagu Panon Hideung
Bagi masyarakat Sunda khususnya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan lagu Panon Hideung. Lagu yang dikenal sebagai lagu Daerah Jawa Barat tersebut kabarnya adalah ciptaan dari Ismail Marzuki. Dikutip dari laman Kompasiana, lagu Panon Hideung menceritakan tentang kisah cinta antara penulis lagu yaitu Ismail Marzuki dengan seorang mojang priangan berdarah sunda dan Arab yaitu Miss Eulis.

Sejarah Lagu Panon Hideung
Dikutip dari laman Kompasiana, kabarnya lagu Panon Hideung sendiri bukanlah lagu asli dari Daerah Sunda, melainkan sebuah lagu yang berasal dari Rakyat Ukraina. Lagu Panon Hideung diciptakan oleh penyair asal Ukraina, Yevhen Hrebinka dan komopeser asal Jerman bernama Hermann Florian. Lagu tersebut pertama kali diperkenalkan pada tanggal 17 Januari 1843 di Gazeta.

Lagu ini juga dikenal sebagai salah satu lagu tentara Rusia (Russian Red Army Choir ). Namun ada juga yang mengatakan bahwa lagu ini adalah lagu Gypsi Rusia. Judul asli dari Lagu Panon Hideung sendiri yaitu Ochi Chernye (Dark Eyes). Jadi intinya, kabarnya lagu Panon Hideung diambil dari sebuah lagu Rusia yang diubah dengan menggunakan bahasa Sunda.
Lihat juga lirik lagu Sunda populer lainnya : Lirik Lagu Sule - Pati Lalaki dan Terjemahannya
Berikut ini adalah selengkapnya Lirik Panon Hideung dan Artinya Lengkap.

Lirik Lagu Panon Hideung dan Terjemahannya

Ismail Marzuki - Panon Hideung Lirik

*Musik

Panon hideung pipi koneng
Irung mancung Putri Bandung
Putri saha di mana bumina
Abi reseup kaanjeunna

Siang wengi kaimpi-impi
Hate abdi sara redih
Teuemut dahar
Teuemut nginum
Emut kanu geulis
Panon Hideung
Arti Lirik Lagu Panon Hideung - Versi Bahasa Indonesia

*Musik

Mata hitam pipi kuning
Hidung mancung putri Bandung
Anak siapa di mana rumahnya
Aku suka padanya

Siang malam terimpi-impi
Hatiku merasa sedih
Lupa makan
Lupa minum
Ingat pada si cantik
Mata hitam

Mungkin Anda tertarik membaca daftar artikel terkait Lirik Lagu Panon Hideung dan Terjemahannya (Serta Sejarahnya). Klik: Lagu Daerah Sunda

Bagikan ke Media Sosial
Anda dapat mendengarkan lagu tersebut melalui aplikasi streaming musik online gratis di PC Komputer, iPhone atau smartphone android. Silakan download Spotify, Apple Music atau iTunes, Joox, Resso, Youtube Music atau Youtube Premium, Amazon Music dan aplikasi musik lainnya.