Lirik Lagu Dari Sabang Sampai Merauke

Lirik Lagu Dari Sabang Sampai Merauke
Lirik Lagu Dari Sabang Sampai Merauke lagu nasional ciptaan R Soeharjo. Baca disini lirik Dari Sabang Sampai Merauke Not angka balok makna dan sejarahnya.

Lirik Lagu Dari Sabang Sampai Merauke Makna, Sejarah dan Notasi


Judul lagu: Dari Sabang Sampai Merauke
Pencipta: R Suharjo
Kategori: Lagu Wajib Nasional

Lagu Dari Sabang Sampai Merauke diciptakan oleh R. Soerarjo atau kadang tertulis R. Suharjo atau Soerarjo Darsono, Kami tidak dapat meverifikasi penulisan nama yang tepat untuk pencipta lagu Dari Sabang Sampai Meroke.

Makna Lagu Dari Sabang Sampai Merauke
Makna lagu Dari Sabang Sampai Merauke adalah mengaja kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta rasa Nasionalisme. Hal ini disebabkan karena Indonesia terdiri dari berbagai rumpun bangsa, bahasa, suku bangsa dan wilayah yang berbeda-beda.

Apa itu dari Sabang sampai Merauke ? Sejarah mencatat Presiden pertama Indonesia Soekarno pernah mendefinisikan kalimat "Dari Sabang Sampai Merauke" dalam sebuah pidatonya pada tanggal 17 Agustus 1963. Berikut adalah kutipannya:

"... Dari Sabang sampai Merauke, empat perkataan ini bukanlah sekedar satu rangkaian kata ilmu bumi. ‘Dari Sabang sampai Merauke’ bukanlah sekedar menggambarkan satu geographisch begrip. ‘Dari Sabang sampai Merauke’ bukanlah sekedar satu geographical entity.”

" ... Ia adalah merupakan satu kesatuan kebangsaan. Ia adalah satu national entity. Ia adalah pula satu kesatuan kenegaraan, satu state entity yang bulat-kuat. Ia adalah satu kesatuan tekad, kesatuan ideology, satu ideological entity yang amat dinamis. Ia adalah satu kesatuan cita-cita social yang hidup laksana api unggun,"

Lihat juga lirik lagu Nasional lainnya : Kumpulan Lagu Wajib Nasional dan Penciptanya

Lirik Lagu Dari Sabang Sampai Merauke

Kami tidak menyediakan link download lagu dari Sabang Sampai Merauke. Berikut ini adalah Not balok lagu Dari Sabang Sampai Merauke dan not angka lagu Dari Sabang Sampai Merauke di sini disertai chords.

Berikut ini adalah selengkapnya Lirik Dari Sabang Sampai Meraoke.
Dari Sabang Sampai Merauke Lirik

Pencipta : R Suharjo

Dari Sabang sampai Merauke Berjajar pulau-pulau
Sambung menyambung menjadi satu Itulah Indonesia

Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia

Mungkin Anda tertarik membaca daftar artikel terkait Lirik Lagu Dari Sabang Sampai Merauke. Klik: 17 Lagu Wajib Lagu Nasional

Bagikan ke Media Sosial
Anda dapat mendengarkan lagu tersebut melalui aplikasi streaming musik online gratis di PC Komputer, iPhone atau smartphone android. Silakan download Spotify, Apple Music atau iTunes, Joox, Resso, Youtube Music atau Youtube Premium, Amazon Music dan aplikasi musik lainnya.