Lirik Lagu Padamu Negeri (Bagimu Negeri)

Lirik Lagu Padamu Negeri (Bagimu Negeri)
Lirik Lagu Bagimu Negeri / Padamu Negeri diciptakan oleh Kusbini, salah satu lagu wajib Nasional. Baca disini Lirik, Notasi dan sejarahnya.

Lirik Lagu Padamu Negeri


Judul lagu : Bagimu Negeri
Pencipta : Kusbini
Album / Kategori : Lagu Wajib Nasional

Bagimu Negeri adalah salah satu lagu Nasional populer, satu dari 17 lagu wajib Nasional. Lagu ini sering juga disebut berjudul Padamu Negeri Karena memang sebagian besar liriknya merupakan kata tersebut.

Lagu Bagimu Negeri / Padamu Negeri diciptakan oleh Kusbini.

Lagu Bagimu Negeri diciptakan pada tahun 1942 dan baru ditetapkan sebagai lagu nasional pada tahun 1960. Awal penciptaan lagu tersebut bermula ketika Kusbini bertemu dengan Bung Karno yang bertanya padanya mengenai gagasan menciptakan sebuah lagu perjuangan dan saat itu juga Kusbini langsung menyetujuinya. Kusbini mengartikan " Negeri " sebagai Negara (Neg), ia sengaja menyelebungkan pesan perjuangan ini karena Jepang tidak menyukai segala hal yang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan. Sebelum dikumandangkan secara resmi, lagunya itu mengalami perubahan syair beberapa kali kemudian Ibu Sud menyanyikannya untuk pertama kali melalui Hoso Kanri Kyoku.

Pada tahun 1978 Kusbini digugat oleh J. Semadi yang mengaku sebagai pencipta lagu Padamu Negeri saat itu Kusbini dituduh membajak. Perkara ini sempat menimbulkan suasana rumit (polemik) di pengadilan, namun akhirnya berakhir dengan kemenangan Kusbini. (sumber : Wikipedia).
Lihat juga lirik lagu Nasional lainnya : Kumpulan 17 Lagu Wajib Nasional dan Penciptanya
Berikut ini adalah selengkapnya Lirik Bagimu Negeri.

Lirik Lagu Bagimu Negeri

Bagimu Negeri Lirik

Lirik dan lagu oleh Kusini

Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami

Mungkin Anda tertarik membaca daftar artikel terkait Lirik Lagu Padamu Negeri (Bagimu Negeri). Klik: Lagu Nasional

Bagikan ke Media Sosial
Anda dapat mendengarkan lagu tersebut melalui aplikasi streaming musik online gratis di PC Komputer, iPhone atau smartphone android. Silakan download Spotify, Apple Music atau iTunes, Joox, Resso, Youtube Music atau Youtube Premium, Amazon Music dan aplikasi musik lainnya.