Lirik Lagu Hari Merdeka (17 Agustus) dan Sejarahnya

Lirik Lagu Hari Merdeka (17 Agustus) dan Sejarahnya
Lirik Lagu 17 Agustus Tahun 45 Itulah Hari Kemerdekaan Kita Kategori : Lagu Wajib Nasional Judul lagu : Hari Medeka Pencipta : H. Mutahar...

Lirik Lagu 17 Agustus Tahun 45 Itulah Hari Kemerdekaan Kita


Kategori : Lagu Wajib Nasional
Judul lagu : Hari Medeka
Pencipta : H. Mutahar
Album : 17 Lagu Wajib Nasional

Sejarah dan Makna Lagu Hari Merdeka
Setiap peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus kita pasti sudah tidak asing dengan sebuah Lagu yang liriknya sangat familiar berikut ini : "Tujuh belas Agustus tahun empat lima, Itulah hari kemerdekaan kita" judul aslinya adalah Hari Merdeka. Lagu ini diciptakan oleh Husein Mutahar atau lebih populer dengan nama H. Mutahar pada tahun 1946.
Lihat juga lagu Nasional lainnya : Lirik Lagu Berkibarlah Benderaku
Lagu yang berjudul Hari Merdeka itu menjadi lagu yang wajib dinyanyikan saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Menurut kabar lagu ini tercipta begitu saja ketika H. Mutahar yang merupakan aktivis kemerdekaan ini sedang berada di salah satu hotel di Yogyakarta. Bagi seorang komponis, setiap inspirasi tidak boleh dibiarkan lewat begitu saja. Habib pun cepat-cepat meminta bantuan Pak Hoegeng Imam Santoso (pernah menjabat sebagai Kapolri pada tahun 1968–1971). Saat itu Jenderal Hoegeng belum menjadi Kapolri.

Makna Lagu Hari Merdeka
Secara jelas lagu ini menyatakan bahwa Bangsa Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945 sudah Merdeka, sudah mem-proklamasikan kemerdekaannya. Hari tersebut ditetapkan sebagai Hari Kemedrekaan dan bertekad untuk tetap mempertahankan kemerdekaan itu sampai kapanpun.

Lirik Lagu Hari Merdeka


Berikut lirik lagu "Hari Merdeka" ciptaan Habib Muhammad Husein Muthahar:
Hari Merdeka irik

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka Nusa dan Bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

Dirgahayu Republik Indonesia, Jayalah Negeriku.
Selamat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Merdeka !!

Mungkin Anda tertarik membaca daftar artikel terkait Lirik Lagu Hari Merdeka (17 Agustus) dan Sejarahnya. Klik: Lagu Nasional

Bagikan ke Media Sosial
Anda dapat mendengarkan lagu tersebut melalui aplikasi streaming musik online gratis di PC Komputer, iPhone atau smartphone android. Silakan download Spotify, Apple Music atau iTunes, Joox, Resso, Youtube Music atau Youtube Premium, Amazon Music dan aplikasi musik lainnya.