Lirik Lagu Hymne Guru

Lirik Lagu Hymne Guru
Lagu Hymne Guru Judul lagu : Hymne Guru Pencipta : Sartono Kategori : Lagu Wajib Nasional Indonesia Lagu Hymne Guru Hari Guru Nasio...

Lagu Hymne Guru


Judul lagu : Hymne Guru
Pencipta : Sartono
Kategori : Lagu Wajib Nasional Indonesia

Lagu Hymne Guru

Hari Guru Nasional
Hari Guru Nasional Indonesia diperingati setiap tanggal pada 25 November. Alasan Kenapa hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November ? Pada tanggal 24 - 25 November 1945 bertempat di Surakarta Para guru membentuk kongres guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Jadi tanggal 25 November selain ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional juga bertepatan dengan hari ulang tahun PGRI pada tanggal

Hari Guru Nasional ini sudah dicetuskan sejak tahun 1994 lalu dengan tertulisnya keputusan presiden, yaitu Kepres No. 78 Tahun 1994 dan juga ditulis di UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang menetapkan tanggal 25 November merupakan hari guru nasional yang diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Salah satu lagu yang sering dinyanyikan dalam acara peringatan Hari Guru Nasional adalah lagu Himne Guru. Sebuah lagu yang liriknya menggambarkan pentingnya peran guru dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Lagu Hymne Guru diciptakan oleh Sartono seorang guru SMP asal Madiun pada tahun 1980 an.

Profil Sartono Pencipta lagu Himne Guru
Sartono lahir di Madiun, Jawa Timur pada tanggal 29 Mei 1936 dan meninggal di Madiun pada tanggal 1 November 2015. Sartono adalah seorang guru seni musik yayasan swasta di Kota Madiun ia dikenal sebagai pencipta lagu "Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" pada tahun 1980-an. Sebuah lagu wajib yang kini selalu dinyanyikan di sekolah-sekolah baik tingkat SD hingga SMA di Indonesia.

Lihat juga lirik lagu lainnya : Lirik Lagu Wajib Belajar

Perubahan Lirik "Tanpa Tanda Jasa" menjadi "pembangun insan cendekia"
Lirik terakhir lagu Hymne guru telah diubah yang awalnya 'engkau patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa' berubah menjadi 'engkau patriot pahlawan bangsa, pembangun insan cendekia'.
Perubahan lirik lagu Hymne Guru pada kalimat terakhir telah disepakati dan ditandatangani pada tanggal 27 November 2007, disaksikan oleh Dirjen PMPTK Depdiknas dan ketua pengurus besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hal itu juga diperkuat dengan surat edaran Persatuan Guru Republik Indonesia Nomor 447/Um/PB/XIX/2007 tanggal 27 November 2007.
Alasan perubahan tersebut dilakukan karena kalimat 'tanpa tanda jasa' terkesan mengurangi pentingnya profesi guru. Padahal peran guru sangat besar sekali sehingga lirik tersebut diganti dengan 'pembangun insan cendekia' yang membuat profesi guru terangkat dan mulia.
Berikut selengkapnya Lirik Lagu Hymne Guru.

Lirik Lagu Himne Guru

berikut ini adalah lirik lagu Hymne Guru dengan perubahan pada lirik terakhir dari "Tanpa Tanda Jasa" menjadi "pembangun insan cendekia".
Hymne Guru Lirik

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Pembangun insan cendikia

Mungkin Anda tertarik membaca daftar artikel terkait Lirik Lagu Hymne Guru. Klik: Lagu Nasional

Bagikan ke Media Sosial
Anda dapat mendengarkan lagu tersebut melalui aplikasi streaming musik online gratis di PC Komputer, iPhone atau smartphone android. Silakan download Spotify, Apple Music atau iTunes, Joox, Resso, Youtube Music atau Youtube Premium, Amazon Music dan aplikasi musik lainnya.