Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda

Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda
Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda diciptakan oleh A Simanjuntak. Baca disini lirik Bangun Pemudi Pemuda not angka not balok makna dan sejarahnya

Lagu Wajib Nasional Bangun Pemudi Pemuda


Judul lagu : Bangun Pemudi - Pemuda
Pencipta : Alfred Simanjuntak
Kategori : 17 Lagu Wajib Nasional Indonesia

Lagu Bangun Pemudi Pemuda adalah salah satu lagu wajib Nasional. Lagu Bangun Pemudi Pemuda diciptakan oleh A. Simanjuntak.

Sejarah Lagu Bangun Pemudi Pemuda
Sebelum menjadi sebuah lagu Nasional ternyata Lagu Bangun Pemudi Pemuda merupakan mars Sekolah Rakyat Sempurna Indonesia, sebuah lagu yang diciptakan oleh Alfred Simanjuntak.

Pada masa perjuangan lagu tersebut kemudian digubah liriknya dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa Nasionalisme ke seluruh Indonesia dan tidak hanya hanya dimiliki Sekolah Rakyat Sempurna Indonesia yang hanya memiliki enam kelas tempat ia mengajar. Alfred Simanjuntak berpendapat bahwa nasionalisme di kalangan pemuda harus dipupuk.

Alasan Kata Pemudi terlebih dahulu
Kenapa Alfred Simanjuntak menempatkan kata pemudi di depan sebelum kata pemuda ? ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh tata bahasa pada saat itu. umumnya penyebutan wanita berada di depan, misalnya damen und herren di Jerman, dames en heren di Belanda, dan ladies and gentlemen di dalam bahasa Inggris.

Profil Alfred Simanjuntak - Biodata
Alfred Simanjuntak lahir di Tapanuli Utara - Sumatera Utara pada tanggal 20 September 1920 dan meninggal dunia di Tangerang, Banten pada tanggal 25 Juni 2014. A. Simanjuntak atau pak Siman adalah pencipta lagu Indonesia. Lagu Bangun Pemudi Pemuda adalah salah satu lagu ciptaannya yang membuat Ia dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Sejak tahun 1934 sampai sekarang, ia telah menulis puluhan lagu anak-anak, lagu rohani, lagu-lagu paduan suara, serta lagu nasional, dan pernah menjadi konduktor istana atas saran R. Sudjasmin.

Karena lagu ini, polisi militer Jepang memasukkan dirinya ke dalam daftar hitam untuk dibunuh, tetapi hal tersebut baru diketahui Alfred setelah Indonesia merdeka.

Ia juga seorang guru mengajar dan guru musik, lagu Bangun Pemudi Pemuda tercipta saat ia sedang menjadi guru di Sekolah Rakyat Sempurna Indonesia. Selengkapnya tentang A. Simanjuntak bisa dilihat disini: Wikipedia ( sumber )
Lihat juga lirik lagu Nasional lainnya : Lirik Lagu Tanah Airku
Lagu Bangun Pemudi Pemuda
Pada tahun 2006 grup band cokelat merilis album "untukmu Indonesia" sebuah album kompilasi yang berisi lagu lagu wajib nasional, salah satunya adalah lagu Bangun Pemudi Pemuda. Dalam album tersebut cokelat lagu lagu Nasional dibuat dalam aransemen baru dengan nuansa Rock yang jadi penyemangat anak muda.

dibawah ini adalah Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda.

Lirik Bangun Pemudi Pemuda

Bangun Pemudi Pemuda Lirik

oleh Alfred Simanjuntak

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri

Mungkin Anda tertarik membaca daftar artikel terkait Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda. Klik: Lagu Nasional

Bagikan ke Media Sosial
Anda dapat mendengarkan lagu tersebut melalui aplikasi streaming musik online gratis di PC Komputer, iPhone atau smartphone android. Silakan download Spotify, Apple Music atau iTunes, Joox, Resso, Youtube Music atau Youtube Premium, Amazon Music dan aplikasi musik lainnya.